Langkah Mudah Membuat Garang Asem Ayam (Low Fat) Kekinian

Bosan sama hidangan yang itu-itu aja? Yuk coba resep garang asem ayam (low fat) ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! garang asem ayam (low fat) adalah satu dari sekian banyak menu makanan yang paling disukai. Yuk, waktunya untuk membuatnya sendiri di rumah!

Garang Asem Ayam (Low Fat)

Sebagian Besar orang malas mulai memasak garang asem ayam (low fat) karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari garang asem ayam (low fat)! Mulai dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, kualitas bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu selalu gunakan bahan yang masih fresh.. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Kalo saya biasanya suka yang asem bener, biasanya saya pake belimbing sayur yang banyak, atau saya tambahin cuka. Garang Asem Ayam Hidangan lokal khas Nusantara berupa masakan ayam yang dimasak bersama bumbu rempah dan aneka daun-daun aromatik lokal dengan cita rasa asam dan menyegarkan. Disajikan bersama mixed brown/red & white rice dan tumisan kacang panjang tauge.

Cara membuatnya pun tidak susah, kalian dapat menyiapkan garang asem ayam (low fat) hanya dengan menggunakan 10 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep garang asem ayam (low fat)!

Untuk menghidangkan Garang Asem Ayam (Low Fat), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Ambil 250 gram of daging ayam (versi saya tanpa kulit).
  2. Dibutuhkan 200 ml of air.
  3. Dibutuhkan 200 ml of santai encer.
  4. Gunakan 2 buah of tomat.
  5. Gunakan 2 buah of cabai rawit merah atau sesuai selera.
  6. Dibutuhkan 2 sdm of minyak/margarin.
  7. Sediakan secukupnya of Penyedap rasa.
  8. Dibutuhkan of Daun bawang.
  9. Ambil of bumbu inti putih (bawang merah, bawang putih, merica, gula dan garam yang dihaluskan).
  10. Sediakan of Rempah-rempah (2 cm laos geprek, 2 lembar daun salam, 3 lembar daun jeruk).

Meskipun tidak menggunakan santan, tetapi untuk bahan-bahan lain yang digunakan masih tetap sama dan tidak berbeda jauh. Menu ini pun sangat mudah untuk dibuat. Rasanya juga tetap enak dan nikmat. Soal bahan-bahan, tidak perlu khawatir karena cukup mudah untuk ditemukan.

Langkah-langkah menyiapkan Garang Asem Ayam (Low Fat):

  1. Potong ayam jadi 6 bagian dan cuci bersih..
  2. Rebus daging ayam dan buang airnya hingga 2 kali..
  3. Siapkan semua bumbu. Tumis bumbu inti dan rempah-rempah hingga harum..
  4. Tambahkan air dan santan. Sembari diaduk agar santan tidak pecah. Masukkan ayam yang telah direbus sebelumnya. Periksa rasa..
  5. Jika ayam sudah melunak di tiga menit terakhir masukkan tomat yang telah dipotong..
  6. Koreksi rasa sesuai selera (rasa cenderung asam, bisa ditambahkan belimbing wuluh jika ada).
  7. Siap dinikmati..
Garang Asem Ayam (Low Fat) Kalau dirumah, saat bangun sahur bisa langsung makan tanpa ribet masak. Jadi rindu masakan Ibu dirumah, mintalah resep dan jadilah garang asem low fat. Masaknya sudah sedari sore buat buka puasa sebelumnya, tinggal panasin dan tambah tomat aja (hindari sayuran yang dipanasin ulang yaa). Garang asem tidak hanya melulu memakai ayam, tapi bisa juga ati ampela, iga atau bahkan daging sapi. Kalau garang asem ayam memang lebih sip kalau pakai ayam kampung, selain lemaknya lebih sedikit juga rasanya lebih gurih.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat garang asem ayam (low fat) hari ini! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

LihatTutupKomentar