Resep: Cilok oseng bumbu kacang Anti Ribet!

Ingin tau rahasia masak cilok oseng bumbu kacang yang enak? Tidak perlu pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep cilok oseng bumbu kacang terbaik! Perkaya koleksi resepmu dengan cilok oseng bumbu kacang! Hidangan spesial untuk akhir pekan. Selamat mencoba resepnya!

Cilok oseng bumbu kacang

Banyak orang sudah menyerah duluan cilok oseng bumbu kacang karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok oseng bumbu kacang! Pertama dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, kualitas bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu selalu pakai bahan yang masih segar.. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Menurut wikipedia, Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi.

Sobat dapat memasak cilok oseng bumbu kacang hanya dengan menggunakan 14 bahan dan 9 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin cilok oseng bumbu kacang yuk!

Untuk memasak Cilok oseng bumbu kacang, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil 10 sdm of tepung terigu.
  2. Dibutuhkan 1/4 of tepung tapioka (atau secukupnya).
  3. Diperlukan 5 siung of bawang putih.
  4. Gunakan 1/2 bungkus of royco.
  5. Gunakan 1 tangkai of daun bawang.
  6. Sediakan of Bahan-bahan bumbu.
  7. Diperlukan 3 siung of bawang putih.
  8. Siapkan 2 siung of bawang merah.
  9. Diperlukan 3 of cabe merah besar.
  10. Siapkan 15 of cabe rawit.
  11. Diperlukan Segenggam of kacang tanah.
  12. Gunakan of Kecap manis.
  13. Diperlukan of Gula merah.
  14. Gunakan of Garam.

Cilok Bandung bumbu kacang sederhana. foto: Instagram/@corza_food. Resep Membuat Cilok Goreng Bumbu Kacang Enak Lezat - Aneka cemilan dengan berbagai rasa ini membaut banyak daya tarik masyarakat luas untuk menikmatinya. Setiap kota di Indonesia mempunyai ciri khas masing-masing. Seperti makanan yang satu ini banyak orang yang bilang makanan ini adalah ciri khas kota kembang atau bandung.

Cara menyiapkan Cilok oseng bumbu kacang:

  1. Masukkan tepung terigu kedalam wadah, masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan + royco. Tuang air panas ke dalam adonan sampai semuanya tersiram oleh air..
  2. Masukkan irisan daun bawang dan tepung tapioka sedikit demi sedikit, aduk hingga adonan kilas dan bisa di bentuk bentuk..
  3. Panaskan air, lalu bulat bulat kan adonan. Masukkan ke dalam air panas, hingga mengapung, angkat dan tiriskan..
  4. Untuk bumbunya, goreng terlebih dahulu kacang tanah nya lalu setelah itu blender kacang tanah dengan sedikit air..
  5. Setelah itu tumis bumbu yang sudah di haluskan, lalu masukkan kacang tanah yang sudah di blender..
  6. Setelah itu masukkan kecap, gula merah, royco dan garam..
  7. Aduk sampai semua nya merata, tunggu sampai matang dan masukkan cilok..
  8. Oseng hingga merata, angkat dan sajikan..
  9. Selamat mencoba🙏.
Cara Membuat Cilok Goreng Bumbu Kacang - Jika kita berbicara wisata kuliner tanah air, memang dalam setiap daerah memiliki kuliner khasnya masing-masing, termasuk daerah pasundan Bandung. Bandung merupakan ibukota provinsi Jawa Barat yang juga terkenal akan kuliner khasnya seperti cimol, cireng, dan yang akan kami bahas kali ini adalah resep cilok. Cilok adalah aci dicolok karena memang enak menyantapnya dengan cara dicolok serta dicocol ke dalam bumbu kacang. Resep membuat cilok yang merupakan variasi kuliner Bandung ini termasuk dalam aneka jajanan populer dengan ciri khas berbentuk bulat-bulat dan bertekstur kenyal-kenyal empuk. Cara penyajiannya biasanya dengan menggunakan bumbu kacang.

Mudah bukan membuat cilok oseng bumbu kacang? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

LihatTutupKomentar