Resep: Cilok Tumis Untuk Pemula!

Jenuh dengan menu makanan yang itu-itu aja? Yuk coba resep cilok tumis ini, mungkin bisa jadi pilihan paling pas! Hadirkan cilok tumis untuk agenda masak akhir pekan ini. Makanan ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Cilok Tumis

Sebagian Besar orang sudah minder duluan cilok tumis karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok tumis! Pertama dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Selain kualitas peralatan memasak, kualitas bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Cilok bandung sudah siap di sajikan lengkap dengan bumbu kacang diatasnya. Sebenarnya saat ini bukan hanya cilok Bandung saja yang digemari, tetapi juga beberapa macam cilok lain seperti cilok goang. Angkat cilok yang sudah matang, lalu tiriskan.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kalian dapat membuat cilok tumis hanya dengan menggunakan 11 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin cilok tumis yuk!

Untuk menyiapkan Cilok Tumis, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Diperlukan of 🍡 Adonan Cilok :.
  2. Dibutuhkan 125 gr of tepung tapioka.
  3. Dibutuhkan 125 gr of tepung terigu.
  4. Sediakan 220 ml of air mendidih.
  5. Diperlukan 2 siung of bawang putih.
  6. Siapkan 1/2 sdt of (gula pasir, lada bubuk, penyedap rasa, garam).
  7. Ambil of 🍡 Bahan Tumisan :.
  8. Diperlukan secukupnya of Minyak goreng.
  9. Sediakan 1 siung of bawang putih.
  10. Dibutuhkan 9 buah of cabe rawit hijau (sesuai selera).
  11. Diperlukan 2 batang of daun bawang (daunnya saja).

Agar adonan cilok tidak menempel masukan adonan cilok tadi ke dalam air dingin yang matang. Cara membuat sambal kacang untuk cilok: Kukus cabe rawit dan cabe merah hingga lunak, kemudian haluskan. Kemudian panaskan minyak goreng, lalu tumis ulekan cabe merah dan cabe rawit yang telah halus. Selanjutnya tumis Bumbu Halus sebentar sampai harum.

Proses menyiapkan Cilok Tumis:

  1. Siapkan semua bahan. Didihkan 220 ml air dan haluskan bawang putih..
  2. Masukkan tepung terigu, bawang putih, gula pasir, lada bubuk, penyedap rasa, garam ke dalam baskom. Lalu, tuang air mendidih, aduk dengan bantuan sendok..
  3. Tambahkan tepung tapioka, uleni (sebentar saja, sampai bisa dibulatkan). Selanjutnya, bulatkan adonan..
  4. Lalu, rebus cilok di air yang sudah mendidih sampai cilok mengambang (tanda sudah matang)..
  5. Untuk cilok tumis : iris bawang putih, cabai rawit hijau, dan daun bawang. Panaskan wajan, masukkan minyak goreng secukupnya. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan daun bawang dan cabai rawit hingga agak layu. Lalu, masukkan cilok yang sudah matang, aduk rata tumisan..
  6. Setelah cilok tumis tercampur rata, angkat dan sajikan selagi hangat..
Tunggu sampai mendidih, lalu masukan Adonan Cilok dan Tetelan Sapi. Masak sampai matang atau cilok mengapung. Itulah dia cara membuat cilok aci bumbu kacang, lengkap dengan variasi populer lainnya. Cilok merupakan salah satu jajanan kuliner atau makanan khas Jawa Barat. Bahannya gampang didapatkan, baik di warung tradisional mau pun di super market terdekat Anda.

Mudah bukan membuat cilok tumis? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

LihatTutupKomentar