Setelah memahami perihal pengertian usul dan faktor-faktor yang menghipnotis usul suatu barang, maka pada pembahasan kali ini akan dijelaskan perihal pengertian usul absolut, pengertian usul efektif, dan pengertian usul potensial.
Berdasarkan daya belinya, usul dibagi menjadi tiga macam, yaitu usul efektif, usul potensial, dan usul absolut.
Pada usul jenis ini, seorang konsumen memang membutuhkan barang itu dan beliau bisa membayarnya.
Contohnya Pak Luki bekerjsama mempunyai uang yang cukup untuk membeli kulkas, namun beliau belum mempunyai cita-cita untuk membeli kulkas.
Contohnya Hendra ingin membeli sepatu olahraga. Akan tetapi uang yang dimiliki Hendra tidak cukup untuk membeli sepatu olahraga. Oleh alasannya itu cita-cita Hendra untuk membeli sepatu olahraga tidak bisa terpenuhi.
Baca Juga : Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan
Macam-Macam Permintaan Menurut Daya Beli
Permintaan sanggup dibedakan menjadi beberapa kelompok, antara lain usul menurut daya beli dan jumlah subjek pendukung.Berdasarkan daya belinya, usul dibagi menjadi tiga macam, yaitu usul efektif, usul potensial, dan usul absolut.
1) Permintaan efektif
Permintaan efektif yaitu usul masyarakat terhadap suatu barang atau jasa yang disertai dengan daya beli atau kemampuan membayar.Pada usul jenis ini, seorang konsumen memang membutuhkan barang itu dan beliau bisa membayarnya.
2) Permintaan potensial
Permintaan potensial yaitu usul masyarakat terhadap suatu barang dan jasa yang bekerjsama mempunyai kemampuan untuk membeli, tetapi belum melakukan pembelian barang atau jasa tersebut.Contohnya Pak Luki bekerjsama mempunyai uang yang cukup untuk membeli kulkas, namun beliau belum mempunyai cita-cita untuk membeli kulkas.
3) Permintaan absolut
Permintaan adikara yaitu usul konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang tidak disertai dengan daya beli. Pada usul adikara konsumen tidak mempunyai kemampuan (uang) untuk membeli barang yang diinginkan.Contohnya Hendra ingin membeli sepatu olahraga. Akan tetapi uang yang dimiliki Hendra tidak cukup untuk membeli sepatu olahraga. Oleh alasannya itu cita-cita Hendra untuk membeli sepatu olahraga tidak bisa terpenuhi.
Baca Juga : Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan