Usaha mempertahankan Pembukaaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tidak cukup hanya dengan memahami isi alinea dan pokok-pokok pikiran dalam Pembukaaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Namun yang tidak kalah penting yakni mewujudkan makna yang terkandung dalam setiap alinea dan pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Setiap lembaga negara, lembaga masyarakat, dan setiap warga negara wajib memperjuangkan makna yang terkandung dalam alinea dan pokok-pokok pikiran embukaaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tersebut menjadi kenyataan.
Berikut ini pola perilaku postif terhadap Isi Alinea dan Pokok Pikiran Pembukaaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
1) Memiliki pola fikir dan pola tindak berdasar pada konsep, prinsip, dan nilai yang terkandung dalam Isi Alinea dan Pokok Pikiran Pembukaaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2) Bertekad mempertahankan dan menjaga kelestarian Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.
3) Menjadikan Isi Alinea dan Pokok Pikiran Pembukaaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai landasan dalam mengoperasionalisasikan demokrasi dan HAM
4) Menjadikan Isi Alinea dan Pokok Pikiran Pembukaaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai landasan dalam penyusunan peraturan perundang-undangan.
5) Menjadikan Isi Alinea dan Pokok Pikiran Pembukaaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengoperasionalisasikan perekonomian nasional
6) Mengembangkan pola pikir Bhinneka Tunggal Ika yang berwujud sikap, tingkah laris dan perbuatan dalam kehidupan bangsa yang pluralistik.
Secara operasional contoh perilaku positif terhadap isi alinea dan pokok pikiran Undang-Undang Dasar 1945, antara lain sebagai berikut:
No. | Pokok Pikiran | Sikap Positif yang Ditampilkan |
1. | Persatuan | Lingkungan keluarga Saling menghargai antar anggota keluarga Menjaga kerukunan keluarga Tidak mengganggu abang atau adik yang sedang belajar. |
Lingkungan sekolah Ikut serta dalam mencar ilmu kelompok Saling menghargai sesama teman Tidak membeda-bedakan teman | ||
Lingkungan masyarakat Ikut serta dalam acara kerja bakti membersihkan lingkungan Mempererat tali silaturahmi dengan sesama warga masyarakat Saling membantu dalam menghadapi persoalan | ||
Lingkungan Bangsa dan Negara Menggunakan bahasa Indonesia dalam pergaulan. Tidak menghina atau merendahkan orang lain Menggalang persatuan dan kesatuan warga masyarakat. | ||
2. | Keadilan Sosial | Lingkungan keluarga Bersikap adil terhadap sesama anggota keluarga. Memberikan kesempatan beropini ketika rapat keluarga. Menjaga keseimbangan hak dan kewajiban. |
Lingkungan sekolah Memberikan tunjangan kepada sobat yang membutuhkan Tidak memilih-milih dalam berteman Suka menolong sobat yang sedang kesusahan. | ||
Lingkungan masyarakat Peduli terhadap permaslahan yang dihadapi warga lain Memberi simpati kepada warga yang terkena musibah. Memberikan tunjangan kepada yang membutuhkan. | ||
Lingkungan Bangsa dan Negara Menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia Gemar melaksanakan acara dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial. Suka bekerja keras | ||
3. | Kedaulatan Rakyat | Lingkungan keluarga Menyelesaikan permasalahan keluarga dengan bermusyawarah Mengutamakan kepentingan keluarga dibanding kepentingan pribadi Menghargai pendapat anggota keluarga yang lain |
Lingkungan sekolah Bermusyawarah dengan kelompok sebelum memberikan hasil presentasi Menghargai pendapat teman, Melaksanakan hasil keputusan dengan penuh tanggung jawab. | ||
Lingkungan masyarakat Bermusyawarah untuk menuntaskan masalah, Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi semangat kekeluargaan, Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain. | ||
Lingkungan Bangsa dan Negara Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, Mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan langsung atau golongan, Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama. | ||
4. | Ketuhanan | Lingkungan keluarga Beribadah sempurna waktu Saling mengingatkan untuk beribadah Menghormati saudara yang berbeda agama |
Lingkungan sekolah Tidak membandingkan agama sobat dengan sobat yang lainnya. Saling menghormati agama sobat yang berbeda Tidak membeda-bedakan sobat menurut agama. | ||
Lingkungan masyarakat Tidak mengejek agama orang lain, Saling menghormati iktikad orang lain. Memberikan kebebasan penganut agama lain untuk beribadah. | ||
Lingkungan Bangsa dan Negara Hormat menghormati dan bekerja sama antara pemeluk agama dan penganut iktikad yang berbeda-beda sehingga terbina kerukunan hidup, Tidak memaksakan agama kepada orang lain Mengembangkan perilaku toleransi kepada pemeluk agama lain |