Cara Memperbaiki Data Peserta Ujian Nasional Pada VerVal PD

Cara Memperbaiki Data Peserta Didik dan Peserta Ujian Nasional Pada VerVal PD | Cara memperbaiki data peserta ujian nasional yang terlanjur salah, misal salah nama dan tanggal lahir. Kesalahan input data yang dilakukan oleh seorang operator sekolah itu adalah hal yang sangat biasa dan wajar. Selain karena manusia sudah biasa salah dan lupa, pekerjaan input data yang banyak detail juga memerlukan tingkat ketelitian tinggi, sehingga kesalahan sangat mungkin terjadi.

Namun, adanya kesalahan pada data yang diinput oleh operator sekolah, misal salah data peserta ujian nasional, jangan dijadikan sebagai alat untuk mendiskreditkan seorang operator sekolah. Apalagi jika operator sekolah tersebut hanya tenaga honorer yang dibayar dengan honor antara 150 rib - 500 rb. Hargai setiap usaha operator sekolah dan berikan kesempatan untuk memperbaiki jika terjadi kesalahan.

Bagi operator sekolah sendiri, jika terjadi kesalahan jangan dibuat panik dan menjadikan stres. Semua kesalahan pasti ada solusi perbaikannya. Begitu juga dengan kesalahan data peserta ujian nasional. Dapodik sudah menyiapkan fasilitas untuk melakukan perbaikan data peserta didik dengan menggunakan verval PD. Fitur ini merupakan alat untuk memperbaiki data peserta didik secara keseluruhan, mulai dari kelas 1 - 9 yang meliputi perubahan NISN, Nama dan Tanggal Lahir. Sebelum melakukan perubahan data, pastikan anda login terlebih dahulu pada akun VerVal PD milik sekolah anda. Untuk login silakan klik disi.

CARA MELAKUKAN PERUBAHAN NISN

1.   Pilih menu Edit Data (Permohanan Perubahan), tekan tombol Perubahan NISN.
2.   Pilih siswa yang akan di ubah NISN nya.
3.   Masukkan NISN siswa yang diinginkan.
4. Tekan tombol cek NISN (Memastikan NISN bukan milik siswa lain).
5.  Jika NISN bukan milik siswa lain, lanjutkan dengan menekan tombol lampirkan dokumen pendukung (Kartu NISN, Daftar Laporan Program BOS, BSM, SKHUN, SKHUS).
6.   Tunggu konfirmasi persetujuan permohonan perubahan maksimal 2 x 24 jam.
7. Tekan Status Permohonan perubahan untuk mengetahui informasi persetujuan dari PDSP.
8. Permohonan Perubahan NISN siswa yang disetujui, dapat dilihat melalui menu Referensi. Sedangkan permohonan yang tidak di setujui, maka NISN siswa tersebut tetap menggunakan NISN yang ada. 

CARA MERUBAH NAMA DAN TANGGAL LAHIR

1.   Pilih menu Permohanan Perubahan, tekan tombol Perubahan Nama dan Tanggal Iahir.
2.   Pilih siswa yang akan diubah Nama dan Tanggal Iahirnya.
3.   Masukkan Nama dan Tanggal Iahir siswa yang diinginkan.
4.   Tekan tombol lampirkan dokumen pendukung (Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, ljazah terakhir).
5.   Tunggu konfirmasi persetujuan permohonan perubahan maksimal 2 x 24 jam.
6.   Tekan Status Permohonan perubahan untuk mengetahui informasi persetujuan dari PDSP.
7.   Permohonan Perubahan Nama dan Tanggal Iahir siswa yang disetujui, dapat dilihat melalui menu Referensi.

Jika permohonan yang tidak di setujui, maka Nama dan Tanggal Iahir siwa tersebut tetap menggunakan Nama dan Tanggal Iahir yang ada.


Nah itulah cara memperbaiki data peserta ujian nasional atau cara memperbaiki data peserta didik pada Dapodik yang tidak bisa diperbaiki melalui aplikasi dapodik. Terkadang dapodik juga mengerluarkan aplikasi versi yang bisa untuk memperbaiki data peserta didik dan PTK, dimana jika biasanya nama dan tanggal lahir tidak bisa kunci dan tidak bisa diedit, maka pada versi ini bisa diperbaiki. Misal pada aplikasi dapodik versi 4.0.1, data peserta dan PTK bisa diperbaiki, jadi selagi sempat dan dapodik versi 4.0.1 masih bisa digunakan, silakan melakukan edit data siswa dan PTK yang masih dianggap salah.
LihatTutupKomentar