Penyiapan Gips dan Proses Penyiapan Model untuk Teknik Cetak Tekan

Gips sebagai bahan untuk membuat model atau cetakan perlu dipersiapkan dengan baik karena gips yang dicampur air akan bereaksi yang menyebabkan gips menjadi keras. Proses penyiapan gips yang baik dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Tuang air bersih ke dalam Timbang berat bahan gips Taburkan gips yang telah ember plastik menggunakan menggukan timbangan ditimbang secara merata gelas ukuran sesuai dengan yang sesuai dengan ke dalam ember yang telah ukuran atau volume yang telah perbandingan berat atau berisi air. Lakukan secara ditentukan sesuai kebutuhan. volume air yang telah bertahap sedikit demi ditentukan. sedikit dengan gips masih berbentuk tepung.

Masukkan gips ke dalam air Aduk menggunakan tangan hingga tampak sedikit gips secara pelan-pelan hingga muncul di atas permukaan ke bagian dasar agar gips air. Biarkan hingga 1-2 tersebut tercampur rata menit, agar air meresap dengan air menjadi adonan dalam gips. gips yang hangat.

Kontrol kepekatan adonan gips tersebut, usahakan jangan terlalu cair atau sebaliknya terlalu pekat sehingga adonan gips siap dituang dalam cetakan.

Proses Penyiapan Model untuk Teknik Cetak

Proses penyiapan model pada pembuatan keramik teknik cetak dapat mengambil dari karya jadi, misalnya topeng kayu atau keramik. Atau, dapat juga membuat model sendiri sesuai dengan keinginanmu. Berikut ini diberikan contoh pembuatan model hiasan dinding berupa topeng wajah manusia.

Secara umum, ada dua teknik cetak pada pembentukan karya keramik, yaitu teknik cetak tekan dan teknik cetak tuang.

Proses Pembentukan dengan Teknik Cetak Tekan

Membentuk dengan teknik cetak tekan merupakan teknik pembentukan benda keramik yang dilakukan dengan bantuan cetakan gips satu sisi (cetakan tunggal) menggunakan bahan tanah liat plastis dengan cara menekan bongkahan/lempengan tanah liat plastis ke permukaan cetakan sehingga mengisi cekungan atau bentuk cetakan. Hasilnya suatu bentuk benda keramik yang sesuai bentuk cetakan gips.

Teknik cetak tekan menghasilkan produk yang terbatas bentuknya, biasanya hanya bentuk-bentuk dua dimensi seperti topeng, wadah sederhana, atau tile. Sudah dijelaskan bahwa untuk pembentukan benda keramik dengan teknik cetak melalui proses pembuatan model, pembuatan cetakan, dan pencetakan benda keramik.

Model Cetakan Benda hasil cetakan Pembuatan benda keramik dengan teknik cetak tekan (satu sisi) dapat dilakukan dengan menggunakan cetakan cekung maupun cetakan cembung. Hal yang penting untuk dihindari adalah benda keramik hasil cetakan tidak menyangkut pada cetakan gips.

Proses Pembuatan Cetakan untuk Teknik Cetak Tekan

Teknik cetak tekan ini menggunakan cetakan satu sisi yang hanya memiliki satu permukaan saja, merupakan bagian muka dari benda keramik.

Letakkan model pada papan landasan, kemudian olesi dengan larutan pemisah agar model mudah dilepaskan dari cetakan gips.

Pasang papan cetakan pada keempat sisi model, dengan jarak kurang lebih 4 cm dari model. Kemudian, berilah tanah liat plastis pada bagian sambungan papan cetakan agar adonan gips tidak keluar.

Proses Pencetakan dengan Teknik Cetak Tekan

Proses pencetakan tanah liat dengan teknik cetak tekan sebaiknya menggunakan tanah liat plastis. Tanah liat jangan terlalu lembek karena akan menyulitkan untuk mendapatkan bentuk yang tajam dan jelas. Tanah liat yang terlalu lembek akan lengket pada cetakan gips sehingga sulit diambil. Selain itu, juga jangan menggunakan tanah liat yang terlalu keras karena tanah liat ini akan sulit untuk masuk ke dalam cekungan atau bentuk cetakan gips, dan hasilnya akan retak-retak. Sebaiknya gunakan tanah liat yang kondisinya plastis dan homogen.

Tuang adonan gips pada model, lakukan dengan hati-hati agar seluruh permukaan model tertutup adonan gips
dengan rata, biarkan adonan gips tersebut mengeras.

Buka papan cetakan setelah gips mengeras, kemudian rapikan seluruh permukaan cetakan gips tersebut. Buatlah adonan gips untuk membuat cetakan gips.

Lepaskan model topeng tersebut dari cetakan gips, cuci cetakan gips hingga benar-benar bersih, kemudian jemur hingga kering dan siap untuk digunakan. Cetakan gips yang sudah jadi dan siap digunakan untuk mecetak benda keramik.

Letakkan cetakan pada papan landasan Tekan pelan-pelan tanah liat plastis di atas banding wheel, masukkan tanah tersebut secara merata pada bagian liat plastis ke dalam cetakan topeng, cetakan gips, bentuk bagian dalam kemudian tekan pelan-pelan agar benda mengikuti bentuk cetakan tanah liat tersebut masuk pada bagian agar benda hasil cetakan memiliki cetakan gips. ketebalan yang relatif sama.

Lepaskan benda keramik hasil cetakan dari cetakan gips. Angin-anginkan benda hasil cetakan kemudian keringkan agar siap dibakar biskuit.

LihatTutupKomentar